Tips Dan Cara Belajar Menjadi Istri Yang Sholehah

Tips Dan Cara Belajar Menjadi Istri Yang Sholehah – Dalam membina sebuah keluarga tentu semua orang mendambakan terciptanya sebuah keluarga yang sakinah, mawaddah dan warahmah. Impian untuk menjadi keluarga seperti itu di perlukannya sebuah karakter suami yang sholeh dan berjiwa pemimpin, selain suami juga perlunya karakteristik isteri yang sholehah.

Seorang pria yang hendak membangun keluarga baru tentu harus lebih hati – hati dalam hal memilih calon pendamping hidup, jangan asal – asalan, karena pernikahan itu sekali dalam seumur hidup. Maka saya intruksikan anda (pria) berpikirlah lebih matang lagi sebelum menyesal nantinya.

Sekarang sudah banyak para lelaki yang membangun sebuah rumah tangga tanpa berpikir panjang, alhasil yang mereka dapatkan tidak seperti apa yang di impikan sebelum menikah. Dan salah satu faktor gagalnya impian tersebut ialah tidak terciptanya suatu karakter yang harmonis dan saling menyatu.

Tips Dan Cara Belajar Menjadi Istri Yang Sholehah

Mungkin anda pernah melihat suatu kejadian dimana si suami hanya bisa terdiam membisu tanpa ada perlawanan saat di bentak – bentak oleh istrinya. Itu di sebabkan karena suaminya takut istri dan juga istrinya tidak mempunyai sebuah karakter istri sholehah. Dengan contoh kasus sederhana barusan bisa kita lihat keluarga tersebut jauh dari kata keluarga yang sakinah.

Seperti yang tadi GinaIsmagianti.com sebutkan bahwasanya di dalam membangun keluarga yang sakinah itu di perlukan sebuah karakteristik istri yang sholehah. Dan berikut ini ciri – ciri paling lengkap sebuah karakter seorang wanita yang menunjukan bakal calon istri shalihah.

1. Diantara kewajiban istri terhadap suaminya, ialah :
* Menyerahkan dirinya
* Mentaati suami
* Tidak keluar rumah, kecuali dengan ijinnya
* Tinggal di tempat kediaman yang disediakan suami
* Menggauli suami dengan baik
(Al-Ghazali)

2. Istri hendaknya mendahulukan hak suami atas orang tuanya. Allah SWT mengampuni dosa-dosa seorang Istri yang mendahulukan hak suaminya daripada hak orang tuanya. (Tirmidzi)

3. Wanita dan laki-laki mukmin, wajib menundukkan pandangan mereka dan menjaga kemaluannya. (An-Nur: 30-31)

4. Istri hendaknya senantiasa membuat dirinya selalu menarik di hadapan suami. (Thabrani)

5. Hendaknya istri menyadari dan menerima dengan ikhlas bahwa kaum laki-laki adalah pemimpin kaum wanita. (An-Nisa’: 34)

6. Yang sangat penting bagi istri adalah ridha suami. Istri yang meninggal dunia dalam keridhaan suaminya akan masuk surga. (Ibnu Majah, TIrmidzi)

7. Istri wajib mentaati suaminya selama bukan kemaksiatan. (An-Nisa’: 39)

8. Hendaknya istri menyadari bahwa hak (kedudukan) suami setingkat lebih tinggi daripada istri. (Al-Baqarah: 228)

9. Istri wajib menjaga harta suaminya dengan sebaik-baiknya. (Thabrani)

10. Istri hendaknya selalu memenuhi hajat biologis suaminya, walaupun sedang dalam kesibukan. (Nasa’ i, Muttafaqun Alaih)

11. Kepentingan istri mentaati suaminya, telah disabdakan oleh Nabi Muhammad Saw : “Seandainya dibolehkan sujud sesama manusia, maka aku akan perintahkan istri bersujud kepada suaminya”. (Timidzi)

12. Apabila seorang suami mengajak istrinya ke tempat tidur untuk menggaulinya, lalu sang istri menolaknya, maka penduduk langit akan melaknatnya sehingga suami meridhainya. (Muslim)

13. Istri wajib menjaga kehormatan suaminya baik di hadapannya atau di belakangnya (saat suami tidak di rumah). (An-Nisa’: 34)

Semoga rangkuman di atas Cara Belajar Menjadi Istri Yang Sholehah bisa menjadikan anda lebih mawas diri terhadap apa saja perintah suami yang ada di dalam jalanNya menurut aturan ajaran agama. Sehingga kita bisa lebih dewasa akan apa saja yang harus di perbuat terhadap suami, ketika kita menuju akan bahtera hidup yang abadi sampai mati.